Mengenal lebih dekat virus MERS dan cara pencegahannya

Mengenal lebih dekat virus MERS dan cara pencegahannya. Pertama kita cari tau dahulu apa itu Virus MERS. MERS adalah kependekan dari Middle East Respiratory Syndrome (MERS), yang artinya Timur Tengah Sindrom Pernapasan. Virus MERS adalah virus pernapasan pertama kali dilaporkan di Arab Saudi pada tahun 2012.
Timur Tengah


Setelah mengenal apa itu virus MERS, sekarang kita cari tau apa penyebab virus MERS, Penyebab Virus MERS adalah coronavirus yang disebut MERS - COV. Coronaviruses adalah virus yang umumnya kebanyakan orang mendapatkan beberapa waktu dalam kehidupan mereka . Coronaviruses pada manusia biasa menyebabkan penyakit saluran pernapasan ringan, sedang hingga penyakit saluran pernapasan akut.

Sejauh ini, semua kasus telah dikaitkan dengan tujuh negara di Semenanjung Arab . Virus ini telah menyebar dari orang sakit ke orang lain melalui kontak dekat , seperti merawat atau hidup dengan orang yang terinfeksi .Namun, tidak ada bukti dari penyebaran berkelanjutan dalam masyarakat .

Foto Virus Mers





Proses Penularan Virus MERS
  • Sebagian besar orang yang terinfeksi MERS-Corv berkembang menjadi penyakit saluran pernapasan berat dengan gejala-gejala demam, batuk dan napas pendek (sesak napas). Masa inkubasi 10-14 hari. Jika imun tubuh menurun, virus menyerang organ hati dan ginjal. Urine berwarna keruh seperti teh. Menjadi mudah lelah. Penderita harus diisolasi dan segera dirawat. Hingga saat ini belum ada vaksin MERS-Corv
  • Sekitar separuh dari jumlah penderita meninggal. Sebagian dari penderita dilaporkan menderita penyakit saluran pernapasan tingkat sedang
  • Sampai saat ini masih terus dilakukan investigasi mengenai pola penularan MERS-Corv, karena telah ditemukan adanya penularan dari manusia ke manusia yang saling kontak dekat dengan penderita.
  • Penularan dari pasien yang terinfeksi kepada petugas kesehatan yang merawat juga diamati. Selain itu cluster dari kasus infeksi MERS-Corv di Arab Saudi, Jordania, the United Kingdom, Prancis, Tunisia, dan Italia juga diinvestigasi.

Cara Mencegah Penularan Virus MERS
  • Perbanyak makan bergizi empat sehat lima sempurna
  • Olahraga secara teratur
  • Istirahat yang cukup dan jangan begadang
  • Memakai Masker
  • Sering mencuci tangan dengan anti septik

 Sumber : http://www.cdc.gov, dan http://www.kaskus.co.id/thread/536b16cfac07e736618b457b


Nah, setelah membaca uraian diatas tentunya Anda sudah bisa Mengenali Virus MERS dan cara Mencegahnya.





0 Response to " Mengenal lebih dekat virus MERS dan cara pencegahannya"

Post a Comment