DVD laptop tidak mau membaca saat dimasukkan Cd atau DVD

Beberapa masalah yang sering pada Laptop lama yaitu DVD DRIVE laptop tidak mau membaca saat dimasukkan Cd atau DVD. Untuk saat ini penggunaan DVD RW / DVD ROM pada laptop memang sangat jarang, apalagi sekarang adalah Zaman nya Flasdisk dan Hardisk eksternal dengan kapasitas besar.
 
Namun tidak menutup kemungkinan suatu saat pasti kita membutuhkan perangkat DVD Drive pada Laptop. Biasanya Media CD Pembelajaran atau Film dan Lagu yang dijual dipasaran masih Menggunakan CD atau DVD untuk itu perangkat DVD Drive pada laptop masih dibutuhkan.
 
Bagaimana jika DVD Drive Laptop tidak bisa Membaca atau mendeteksi Keping DVD atau VCD ? Ada dua kemungkinan yang menjadi jawaban atas pertanyaan tersebut.
 
Pertama, Keping DVD atau VCD atau CD tersebut rusak. Kerusakan pada keeping CD atau DVD bisa disebabkan oleh jamur atau adanya goresan goresan luka yang parah pada bagian layernya.
 
DVD DRIVE laptop tidak mau membaca saat dimasukkan DVD
Kedua, DVD Drive Laptop Anda Rusak. Kerusakan pada DVD Drive bisa terjadi karena DVD drive Mati Total yang biasanya laptop tidak bisa mendeteksi adanya perangkat DVD Anda. Kemungkinan kedua adalah Optik yang lemah atau kotor sehingga tidak mampu membaca Keping DVD atau CD yang Anda masukkan.
 
Sebelum anda memutuskan untuk mengganti Perangkat DVD Drive laptop, sebaiknya lakukan dulu dengan membersihkan bagian opticnya, karena bisa jadi DVD Drive tidak bisa membaca keeping dvd karena optiknya kotor.
 
Cara membersihkan DVD Drive sangat lah mudah, Keluarkan dahulu Optik DVD Drive pastinya Laptop harus dalam kondisi hidup. Siapkan Tisu kering atau kapas kering kemudian sapukan pada bagian Optic. Bagian Optic adalah bagian yang mengkilap seperti lensa kacamata. Sapukan beberapa kali dan sekarang coba masukkan keping DVD nya. Sebaiknya menggunakan beberapa keping DVD karena siapa tau yang rusak adalah keping DVD nya.
 
Jika memang masih tidak bisa maka terpaksa harus mengganti DVD Drive nya. Dipasaran harga DVD Drive berkisar antara 350-500 ribu.
 
Selamat Mencoba. demikian tulisan tentang DVD laptop tidak mau membaca saat dimasukkan Keping Cd atau DVD.
 
 

0 Response to "DVD laptop tidak mau membaca saat dimasukkan Cd atau DVD"

Post a Comment