Mengatasi Axioo Pico CJW Mati Total

Mengatasi Axioo Pico CJW Mati Total. Seminggu yang lalu, ada anak didik SMK MIFTAHUL HIKMAH Karang-Parengan Tuban memberikan netbooknya untuk diperbaiki, keluhannya adalah mati total atau istilahnya matot. Memang benar ketika di cek langsung tancap carger ke listrik tidak ada tanda tanda kehidupan.

Sebetulnya saya pesimis jika ada kasus kasus laptop atau netbook seperti ini, apalagi yang mati total adalah netbook merk Axioo. Perkiraan saya kemungkinan terburuk adalah mainboardnya, dan untuk perbaikan mainboard laptop itu bukan level saya.

Karena anaknya suruh bawa dan coba dulu siapa tau bisa diperbaiki, akhirnya saya bawa pulang tuh netbook. Karena sibuk membuat soal dan banyaknya pasien yang harus diperbaiki, maka baru sempat pegang tuh netbook dua hari yang lalu.

Sebelum bongkar saya perhatikan sepertinya netbook axioo ini pernah masuk rumah service dan pernah dibongkar karena terlihat dari segel baut yang robek dan baut baut bekas obeng. Langsung saja pembongkaran dimulai. sampai akhirnya yang tersisa hanya mainboardnya.

Setelah di teliti ternyata pada jalur tegangan yang masuk ada yang putus, jack tegangan dari bahan plastic juga rusak (bhs jawa : rompol). Dengan bantuan Lem Glue, dan solder akhirnya modif jalur dan jack tegangan berhasil. Jack dipasang tanpa casing, dan coba dihidupkan bisa nyala kemudian merakit kembali bagian bagian netbook axio pico yang berserakan.

Kesimpulan : Tidak semuanya kasus mati total penyebabnya adalah Chipset, Matherboard, atau IC regulator.

Jadi Netbook Axioo milik anak didik SMK Miftahul Hikmah Parengan  Tuban sudah bisa berjalan normal seperti sediakala.

0 Response to "Mengatasi Axioo Pico CJW Mati Total"

Post a Comment