Mengenal lebih dekat menara eiffel (eiffel Tower) paris

Mengenal lebih dekat menara Eiffel
Mengenal lebih dekat EIffel TowerSudah tau menara Eifflel? Jika belum, mari kita telurusi dan mengenal lebih dekat Menara Eifflel. Eiffel Tower atau biasa di sebut di negara kita dengan nama menara Eiffel adalah Bangunan Menara besi yang di rancang oleh Gustave Eiffel. Eiffel tower ini di dirikan di Champ de Mars tepat di tepi Singau Seine yang ada di Paris.

Menara Eiffel ini dibangun pada tahuan 1887 – 1889 yang di arsiteki dan sebagai insinyur Struktural sendiri adalah Gustave Eiffel. Dahulu ketika menara selesai di bangun, Eiffel Tower adalah bangunan tertinggi di dunia hingga gelar itu bertahan hingga 1930, mungkin karena waktu itu masih belum ada saingan.

Struktur besi Menara Eiffel berbobot 7.300 ton sementara keseluruhan struktur termasuk komponen non-besi berbobot 10.000 ton. Tergantung temperatur, puncak menara dapat menjauhi matahari 18 cm (7 inci) karena pemuaian besi pada bagian yang menghadap matahari. Menara ini juga berayun 6-7 cm (2-3 inci) dalam suasana berangin.Sebagai demonstrasi terhadap ekonomisnya bangunan, bila 7300 ton struktur besi dicairkan, maka akan memenuhi 125 meter persegi dengan kedalaman 6 cm (2.36 inci), yang berarti kepadatan besi 7.8 ton per meter kubik. Menara ini memiliki massa yang kurang dari massa udara di dalam silinder dengan dimensi yang sama,setinggi 324 meter dan 88.3 jari-jarinya. Berat menara 10.100 ton bila dibandingkan dengan 10.265 ton udara.

Dalam rangka apa Menara Eiffel dibangun?, Menara Eiffel atau Eiffel Tower dibangun dalam rangka Pameran Dunia yang merayakan seabad Revolusi Perancis. Pembangunan Menara Eiffel ini sebenarnya akan di bangun di Barcelona, namun di tolak oleh Pihak Barcelona karena suatu alasan.

Bentuk menara yang unik, terlihat seperti rangka besi yang berdiri dan tidak terlihat suatu seni, hingga menara ini di bangun banyak kritikan yang masuk. Namun Arsitek Menara Eiffel mngklaim bahwa Menara ini mampu melawan angin dari sisi manapun. Bentuk menara sebelumnya telah dinyatakan dengan perhitungan matematika yang tahan angin. Beberapa teori perhitungan ini telah direncanakan bertahun-tahun, yang terbaru adalah persamaan berbeda integral nonlinear didasarkan pada pengimbangan tekanan angin dari sisi apapun pada menara dengan ketegangan antara elemen konstruksi pada waktu itu. Bentuknya eksponensial. Plot berbahaya pada lengkungan menara, menampilkan dua eksponen yang berbeda, bagian bawah memiliki pertahanan kuat melawan angin.

Sumber materi : http://id.wikipedia.org

Cuplikan di atas hanya sedikit tentang Mengenal lebih dekat menara eiffel (eiffel Tower) paris.

2 Responses to "Mengenal lebih dekat menara eiffel (eiffel Tower) paris"

  1. Wiih kapan bisa dolan ke sana ya...

    ReplyDelete
  2. @Saung WEb: Setelah bisa dolan ke Mekkah, baru ke sana .. : )

    ReplyDelete