Hujan pertama di kecamatan singgahan

hujan di singgahan
Singgahan-Tuban. Setelah sekian lama dinanti dan harapan pun menjadi kenyataan, sekitar pukul 16.30 WIB kecamatan Singgahan di guyur hujan. Hujan yang turun kali ini merupakan hujan pertama yang turun setelah musim kemarau.

Alhamdulillah, meski hujan tidak terlalu deras, namun lebih dari cukup membasahi bumi Singgahan. Seperti kebanyakan orang, saya juga menanti akan turunnya hujan.

Sebenarnya hujan memiliki definisi sendiri seperti yang saya dapatkan dari wikipedia, Hujan adalah sebuah presipitasi berwujud cairan, berbeda dengan presipitasi non-cair seperti salju, batu es dan slit. Hujan memerlukan keberadaan lapisan atmosfer tebal agar dapat menemui suhu di atas titik leleh es di dekat dan di atas permukaan Bumi. Di Bumi, hujan adalah proses kondensasi uap air di atmosfer menjadi butir air yang cukup berat untuk jatuh dan biasanya tiba di daratan.

Bagi petani hujan sangat diharapkan, terutama bagi petani yang menggarap sawah yang tidak mendapatkan irigasi atau biasa di sebut dengan bahasa kerennya sawah tadah batok atau sawah tadah hujan. Namun bagaimana dengan penjual es? ( tidak saya bahas )

Yang Jelas hujan kali ini adalah hujan pertama di kecamatan Singgahan Kabupaten Tuban, bagaimana di daerah mu?

1 Response to "Hujan pertama di kecamatan singgahan"

  1. alhamdulilah di daerah saya Tasikmalaya Jawa Barat sudah dguyur hujan hampir setiap sore.. Kami masyarakat tasikmalaya juga sangat mensyukurinya

    ReplyDelete