Penyebab dapopaud berhenti 20% saat sinkron atau gagal sinkron

Beberapa hari yang lalu Operator PG BINA ANAK SOLEH Binangun-Singgahan menghadapi kendala dengan Dapodik dapopaud gagal Sinkron dan berhenti di  20%. Padahal Aplikasi Pendataan PAUD DIKMAS sudah diisi semua atau sudah valid.

Yang Menyebabkan Dapopaudni tidak berhasil Sinkron dan benyak yang berhenti di 20% saja adalah karena tidak adanya kecocokan antara aplikasi pada operator dengan Server Dapopaud sehingga terjadi gagal sinkron.
dapopaudni berhenti 20%

Dapopaudni yang tidak berhasil sinkron kebanyakan adalah dapopaudni versi 1.1.2  kemudian di patch menggunakan patch_dapopaudni_1.1.3.  Untuk itu Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia menerbitkan patch dapopaudni versi 1.1.3.uj guna memperbaiki Dapopaudni yang gagal sinkron.

Namun apa yang terjadi setelah Instal Patch dapopaudni versi 1.1.3.uj ? eng ing eng.... masih tetap gagal sinkron. Ternyata penyebabnya adalah adanya antivirus yang masih menyala saat instal patch. Ok. Anti virus saya matikan. kemudian patch saya instal ulang. Dan eng ing eng.... masih gagal juga... hahahaha.

Akhirnya kita buat spekulasi, pertama saya backup dulu dapodikpaud dengan cara amankan folder database dan dataweb dimana dapopaud terinstal. kemudian uninstal dapopaudni. setelah berhasil uninstal hapus semua folder dapupaudni di program file.

Setelah menyiapakan Installer dapopaudni versi 1.1.2 dan dapopaudni 1.1.3.uj barulah spekulasi dikerjakan. Pertama pastikan antivirus dalam keadaan mati. Baik itu smadav atau anti virus lainnya. Setelah itu baru instal dapopaudni 1.1.2  dan tunggu sampai selesai dan selanjutnya instal patch 1.1.3.uj .

Setelah semua selesai, nyalakan koneksi internet, dan buka dapopaudni dan register. setelah register berhasil dan coba masuk ke login. jika sudah coba validasi meski data data masih kosong. Lanjutkan dengan mencoba sinkron, dan eng ing eng...... bisa sinkron sampai 100 % meski data masih kosong.

Kesimpulan :
  •  Pastikan mmematikan antivirus waktu instal dapopaudni.
  •  Urutan instal adalah dapopaudni 1.1.2  baru patch dapopaudni 1.1.3.uj
  •  Data yang sudah terlanjur di validasi pada versi 1.1.3 saja (sebelum uj) kebanyakan gagal sinkron meski telah di patch dengan versi uj.
SAYA TELAH MENULIS ARTIKEL LAINNYA TENTANG CARA MEMASUKKAN DATA DAPODIK PAUD YANG LAMA YANG GAGAL SINKRON KE DAPODIK PAUD YANG BARU.


2 Responses to "Penyebab dapopaud berhenti 20% saat sinkron atau gagal sinkron"

  1. kalo udah instal ulang trus database nya gmna ngembaliin nya mas ?

    ReplyDelete
  2. Saya sudah menulisnya komplit di sini di artikel lainnya
    disini
    http://tuban-kita.blogspot.co.id/2015/10/bagaimana-cara-sinkron-dapodik-paud.html

    ReplyDelete