Kumendung Muncar Banyuwangi

Kumendung. Meski desa bagian dari kecamatan Muncar ini adalah tanah kelahiranku, namun sampai kini aku belum pernah tau apa arti dari kata Kumendung. Pernah dulu waktu masih smp kefikiran apa kira kira kumendung berasal dari kata seperti ini ya, kumendungkumendungkumendungku..., akhirnya mendungku, haha.

Tapi ini juga asal tebak saja, sapa tau benar diambil dari kata mendungku, karena waktu pembentukan desa waktu itu cuaca mendung, jadi diambil kata mendungku, trus diubah menjadi Kumendung. Ini hanya tebakan saja, gak ada sumbernya, jadi jangan di tulis kedalam wikipedia lho.

MI ISlamiyah Kumendung Muncar
Tak terasa sudah sudah hampir enam tahun ku berganti domisili, dan meninggalkan desa Kumendung dan menetap di Tuban. Ingatan masa masa kecil masih terngiang diingatanku, kadang ku ceritakan kisah kisah masa kecilku ini pada tambatan hatiku yaitu Ibu dari anak anakku. Dan kini akan kutulis kisah ku ini disini.

Orangtuaku mempercayakan pendidikanku di MI ( Madrasah Ibtidaiyah) Islamiyah Kumendung dari tahun 1991-1997. Mahrus, Rofi, Junaedi, Yono, Wawan A, Wawan B, Wawan C, Sutris, Saikhu, Nanah, Uud, Halimah, Towil, Yanti, Nur, Mia, Lastri ya, hanya itu teman teman sekelas yang bisa kuingat.

Bu Pat Ini adalah guru TK favoritku, Guru Kelas 1 yang rumahnya Tembok rejo (saya lupa namanya), Pak Opip, Pak Qodir, Pak Supri (Mbah Supri), Pak Sor (Lek Sor), Pak Parman (Bapake Towil), Pak Dur,  Terimakasih kepada Guru Guru ku TK dan MI Islamiyah Kumendung. Dari Kalianlah aku bisa baca tulis dan hitung, dari Kalianlah sampai sekarang masih tertanam dalam fikiranku tentang haramnya riba, luqhotoh, Binatang halal haram.

Juga almarhum Mbah Chanafi, Seorang Guru Ngaji sekaligus Imam Masjid Baitul Mu'minin yang sangat Andap Asor , semoga Allah SWT membalas kebaikanmu

Yang ini hafalan dari Pak Sor
 
            فَعَلَ - يَفْعُلُ - فَعْلاً - فَاعِلٌ - مَفْعُوْلٌ - اُفْعُلْ - لاَ تَفْعُلْ - مَفْعَلٌ - مِفْعَلٌ


Nah, itu dia teman teman yang pernah menemaniku di sekolah dasar serta guru guru yang telah mengajarku tentang kebaikan. Kumendung kenanganku akan selalu ada. akan kutulis kisah berikutnya saat ada waktu senggang.

0 Response to "Kumendung Muncar Banyuwangi"

Post a Comment