Wave Rock - Tebing ombak di australia yang memukau

Wave Rock Australia atau istilah bahasa kita batu ombak (watu ombak bahasa jawa), namun saya lebih senang menyebutnya dengan Tebing ombak. Ada yang pernah ke Australia? saya yang nulis juga belum pernah, hehe..

Wave Rock (batu ombak) adalah bagian dari Hyden Rock, dengan  tinggi mencapai 15 meter dan panjang 110 m yang berbentuk layaknya  sebuah ombak tinggi yang sedang menggulung namun dalam keadaan terhenti oleh waktu selama berabad-abad lamanya. 

Wave Rock dipercaya terbentuk lebih dari 2700 juta tahun yang lalu, terbentuk karena erosi yang berlangsung jutaan tahun, dan menggerus batuan bagian bawah yang lebih lunak.

Berikut penampakan dari Wave Rock



Warna Wave Rock disebabkan oleh hujan yang membasuh larutan kimia karbonat dan hidrosioksia turun ke bawah dan membentuk garis-garis vertikal  merah keabuan dan kuning. Jika anda tinggal lebih lama anda akan melihat Wave Rock yang berbeda warnanya sepanjang hari karena sinar matahari mengubah warna dan tampilannya. 


Disamping sebagai atraksi wisatawan bebatuan di sekitar Wave Rock juga sudah diubah dan dimanfaatkan sebagai daerah tampungan air untuk kota Hyden, dengan cara membangun tembok beton dan mengarahkan aliran air hujan ke sebuah dam penampung air.

Sebenarnya ada beberapa bentuk  batu ombak di wilayah Hyden, jika anda memiliki banyak waktu untuk mengeksplorasinya. Dan waktu anda akan cukup bermanfaat dan bernilai jika anda dapat melihat batuan yang ukurannya lebih kecil lagi.

sumber : ghozaliq.com

Wave Rock - Tebing ombak di australia yang memukau

0 Response to "Wave Rock - Tebing ombak di australia yang memukau"

Post a Comment