Mengatasi Asus x200ca sering mati sendiri

Mungkin dari teman teman pengguna netbook Asus X200ca yang pernah mengalami kejadian mati sendiri saat digunakan. Sebelum kita bahas tentang cara mengatasi Laptop atau Netbook Asus x200ca yang tiba tiba mati, mari kita kenalan dulu dengan netbook asus tersebut. 

Dengan harga yang menggiurkan dan penampilan yang menawan tentu Seri Asus X200CA termasuk seri notebook asus yang paling lumayan banyak penggunanya. kurang lebih penampilannya seperti gambar dibawah ini.

Mengatasi Asus x200ca sering mati sendiri  
OK, Jangan terlalu lama liat gambarnya, nanti bisa gagal fokus !!!. Bisa bisa jadi terlena lihat wallpaper netbook nya sehingga lupa benerin netbooknya.

Kembali ke Netbook Asus x200ca yang suka mati sendiri,  kasus ini berawal saat ada seorang anak muda yang datang kekantor (omah yang dibuat servis) . Dia mengeluhkan bahwa netbooknya sering mati sendiri saat tidak beberapa lama digunakan. Akhirnya saya cek, sepertinya matinya karena terjadi overheat atau bisa dibilang kepanasen. Saya minta di tinggal netbooknya, setelah yang punya laptop pulang akhirnya saya bongkar bongkar tuh netbook.

Lha cara bongkarnya bagaimana? terus terang saja ya, saya baru pertama kali bongkar netbook asus seri x200ca. Sebanyak 7 baut yang nongol, dan sudah saya buka semua, tapi kok masih susah juga bukanya, ternyata masih ada 2 baut lagi (nomor 7 dan 8) yang disembunyikan dibawah bantalan karet. dan alhasil, proses membongkar asus X200CA pun berhasil.

Kurang lebih baut baut yang harus dilepas pada asus x200ca tampak seperti gambar dibawah ini, foto ini saya dapatkan dari blog  wawanplaza.com karena saya lupa tidak memotretnya.



Agar tidak lecet, dan penampilan Netbook tidak gropel-gropel, maka saat membongkar laptop gunakanlah kartu simcard hp yang tidak terpakai, kalau saya menggunakan kartu XL karena saya sudah tidak menggunakannya lagi gara-gara tidak support dengan windows 7, 8, 8.1dan windows 10 dan di windows xp jalan normal. Aneh khan? padahal saya gunakan kartu lain seperti telkomsel normal normal saja baik windows xp, 8,8.1, dan windows 10. 

Sekali lagi jangan gagal fokus !!!.

Lepas bagian atas, Bagian ini merupakan gabungan dari keyboard dan Mouse, tampak seperti gambar dibawah ini.



bongkar Asus x200ca sering mati


Setelah bagian atas asus x200ca sudah terangkat, Lepas Hardisk dari singgasananya, buka baut baut mainboard, dan juga fan yang menempel padanya. Yang perlu diperhatikan adalah mengingat kembali letak baut baut yang telah dilepas. Agar tidak bingung saat memasang, alangkah baiknya memotret atau menjepret letak baut sebelum kita membukanya.

Mengatasi Asus x200ca tiba tiba sering mati sendiri

Jika sudah dalam posisi terbuka semua, Langsung saja cari dimana letak processor, dimana ada processor di situ pasti ada bagian pendingin yang tertempel pada processor. Beberapa kasus overheat (Panas sing nuemen ~basa jawa) yang terjadi pada laptop dan netbook disebabkan oleh pendinginan processor yang kurang maksimal. Hal ini bisa disebabkan oleh lem pasta pada pendingin processor yang mulai mengering, akibatnya proses pendinginan kurang maksimal dan terjadilah Panas sing nuemen tersebut.

Ganti pasta dengan yang baru dan satu langkah telah selesai, memange wonten berapa langkah Mbah?
kurang lebih ada dua langkah, Lha langkah bongkar bongkar tadi gak dihitung? Itungen dewe !!! Gregeten aku, kari manut kakean cangkem. ( iki sing nules rondok aneh, nulis dewe dijawab dewe,#$#@#%^^%$$).

Sebelum mengganti lem pasta, bersihkan dahulu lem pasta processor yang lama sampai bersih, bisa gunakan kuku, tisu, atau yang lain asalkan benar benar bersih dan mengkilap. Bahkan jika dirumah ada yang punya cangkul, kalian bisa juga menggunakannya.

Lem pasta sudah, apa lagi ya?. 

Sekarang pada bagian FAN atau KIPAS, bisa juga kalian menyebutnya Kitiran. Karena kitiran ini adalah tempat keluar masuknya angin, sudah bisa dipastikan bahwa bagian ini pasti banyak debunya, langsung saja bersihkan. Terserah mau dibersihkan pakai apa, mosok ngresik i kitiran wae takon.

Masuk pada Bagian terakhir. Selain bagian Kipas, masih ada bagian yang perlu dan sangat perlu di bersihkan yaitu bagian jendela. Bagian jendela ini sangat penting mengingat burung kakak tua sering hinggap disana, Maaf yang nulis Gagal fokus !!!. bagian jendela ini biasa di sebut angin-angin, karena tempat keluar masuknya angin saat kipas berputar.

Berdasarkan pengalaman, bagian angin-angin ini tempat berkumpulnya debu gunung bromo yang menyumbat jalannya angin dari fan processor, sehingga tidak ada media untuk membuang panas dari processor.

Sudah!!!

Lha kok sudah to mbah? Lha ini sudah lebih dari setengah jam nulis, emangnya Njenengan mau bayar berapa?. Maaf Mbah, saya belum punya duit untuk ngasih donasi, wong bayar cicilan sepeda saja belum lunas. Yo wis, tak tambahi kesimpulan, ojo kakean takon maneh.

Kesimpulan Dari Cara Mengatasi Netbook Asus X200CA yang Kadang Kadang Mati Sendiri atau tiba tiba mati sendiri :
  • Saat Membongkar, Ingat dimana letak baut yang terpasang. Hati hati saat melepas bagian atas, yaitu bagian yang gabung dengan keyboard. Bagian pada nomor 6 dan 9 dudukan baut sering patah, jika terlanjur patah gunakan lem G (semoga G bukan kependekan dari Gila) untuk menyambung dudukan baut yang patah.
  • Tulisan sebanyak ini hanya dua saja intinya, yaitu memperbarui pasta pada processor dan membersihkan angin angin (tempat buang angin).

Wis, saya rasa sudah cukup artikel ini tentang Mengatasi Asus x200ca sering mati sendiri. Saya ucapkan terimakasih fotonya dari wawanplaza.com yang tanpa ijin saya comot fotonya. Jika ada pertanyaan seputar Netbook Asus X200 ini bisa langsung di kolom komentar. Maaf saya bukan embah embah, jadi jangan saya panggil saya simbah. Karena dialog saya tersebut hanya saya gunakan untuk belajar drama.


0 Response to "Mengatasi Asus x200ca sering mati sendiri"

Post a Comment