Beberapa khasiat bayam dan petunjuk mengolahnya

bayam tubankita
Beberapa khasiat bayam dan petunjuk mengolahnya. Karena seringnya mengkonsumsi bayam, maka tidak ada salahnya penulis  kali ini akan menulis dengan tema bayam. Bayam adalah jenis sayuran yang sering di temui di masayarakat.

Gambar Bayam di samping adalah Foto yang diambil oleh penulis dari teras rumah, karena suka mengkonsumsi bayam maka penulis menanamnya sendiri dalam Pot.

Bayam adalah jenis sayuran yang kaya vitamin K, tapi juga vitamin A dan C. Kedua vitamin ini adalah antioksidan yang membantu menjaga tubuh dari radikal bebas. Selain baik untuk imun tubuh, riset terakhir menunjukkan bahwa vitamin C sendiri bekerja lebih baik untuk melawan penuaan dibandingkan vitamin E.

Beberapa Khasiat bayam secara spesifik adalah sebagai berikut :
  • Melawan Sel Kanker
Vitamin A dan C serta serat, asam folat dan 13 flavonoid dalam bayam sangat bermanfaat dalam memerangi sel kanker. Sebuah penelitian menunjukkan, kandungan tersebut pada bayam menurunkan risiko kanker sebesar 34% terutama pada kanker payudara, kanker rahim, kanker prostat, kanker kulit dan kanker perut.

  •  Sumber Anti-inflamasi
Bayam mengandung sifat alkalinitas yang tinggi sehingga membuat sayur ini pilihan yang sempurna bagi penderita penyakit inflamasi, seperti rheumatoid arthritis dan osteoarthritis.

  • Mengurangi risiko penyakit kardiovaskular
Bayam merupakan sumber folat yang baik, yang dapat mengurangi homosistein, asam amino yang ditemukan dalam darah. Tingginya tingkat homosistein dalam darah menyebabkan tingginya risiko penyakit jantung. Bayam juga mengandung choline dan inositol, yang membantu mencegah pengerasan pembuluh darah.
  • Menurunkan tekanan darah tinggi
Bayam kaya akan kalium dan rendah sodium. Tingkat mineral yang seimbang ini sangat bermanfaat bagi pasien dengan tekanan darah tinggi. Selain itu, folat dalam bayam juga dapat membantu menurunkan tekanan darah tinggi dan melemaskan pembuluh darah, dengan demikian mempertahankan kelancaran aliran darah.
  • Mencegah Osteoporosis
Secangkir daun bayam segar memenuhi 200% kebutukan nilai harian akan vitamin K. Vitamin ini amat penting dalam pencegahan keropos tulang. Selain itu, mineral lainnya seperti magnesium, seng, tembaga dan fosfor dalam bayam juga membantu penguatan tulang.

  • Mencegah Diabetes
Bayam sangat berguna bagi orang yang menderita diabetes juga. Magnesium ditemukan dalam bayam membantu untuk mencegah komplikasi yang terjadi setelah diabetes. Konsumsi rutin bayam membantu menstabilkan gula darah dan mencegah dari berfluktuasi terlalu banyak.
  •  Mencegah Anemia
Bayam adalah sumber zat besi yang diperlukan dalam mencegah anemia. Zat besi membantu meregenerasi atau memperbanyak sel darah merah, yang membawa oksigen ke seluruh bagian tubuh.
  • Meningkatkan kualitas penglihatan
Bayam merupakan sumber lutein, karotenoid yang dikenal membantu melindungi mata terhadap katarak. Bayam juga kaya akan vitamin A, yang membuatnya sangat bermanfaat untuk penglihatan.

(sumber : http://www.suaramerdeka.com)



Cara mengolah sayur bayam yang benar :
  • Hindari memanasi sayur bayam. Karena bayam mengandung zat besi fe2+ (ferro). Zat besi ini jika terlalu lama kontak dengan udara (O2), akan teroksidasi menjadi fe3+ (ferri). Meski sama-sama zat besi, yang berguna bagi tubuh hanyalah fe2+ (ferro), sedangkan ferri bersifat toxid bagi tubuh, oleh sebab itu tidak boleh memanasi sayur bayam.
  • Hindari mengkonsumsi sayur bayam yang telah dimasak lebih dari 5 jam. Karena bayam juga mengandung nitrat (NO3), zat in akan berubah menjadi nitrit (NO2) yang bersifat racun bagi tubuh, jika teroksidasi dengan udara. Nitrit ini akan semakin banyak ketika sayur bayam makin lama teroksidasi dengan udara, oleh sebab itu jangan pernah meng - konsumsi bayam lebih dari 5 jam..
  • Hindari mengolah sayur bayam menggunakan panci aluminium. Karena unsur bahan aluminium dapat bereaksi dengan zat besi yg ada di bayam dan bersifat toxid / racun.
  • Hindari menyimpan bayam terlalu lama di dilemari es. Sebaiknya pilihlah bayam yg baru dipetik dan langsung dimasak. Karena bayam segar yang baru dicabut dari persemaiannya telah mengandung senyawa nitrit kira-kira sebanyak 5 mg/kg. Bila bayam disimpan di lemari es selama 1 hari saja, diperkirakan senyawa nitrit akan meningkat 21 mg/kg (7%). Oleh sebab itu jangan menyimpan bayam dalam kulkas terlalu lama. 
 (Sumber : http://kbwa.akprind.ac.id)

Nah, sobat Tubankita, sudah tau kan Beberapa khasiat bayam dan petunjuk mengolahnya, sekarang mari kita sosialisasikan mengkonsumsi bayam.

2 Responses to "Beberapa khasiat bayam dan petunjuk mengolahnya"

  1. info yang menarik, semoga indonesia kembali ke repelita, tetap kuat dengan pertanian.

    ReplyDelete
  2. mantab ni sob :)
    tambah ilmu kesehatan ..

    ReplyDelete